Wednesday, November 19, 2014

6 Jenis Troubleshooting Komputer dan Solusinya

Komputer yang menyala, namun tidak ada tampilan pada layar. Masalah ini memang begitu sering kita temukan. Kendati demikian, masalahnya sebenarnya sepele dan biasanya dikarenakan memori atau ram yang kendor. Juga, bisa terjadi seperti itu dikarenakan kaki-kakinya yang kotor atau memori tersebut mati. Solusinya dengan melepas, membersihkan kaki-kakinya, dan memasangnya kembali. Anda juga bisa mengganti dengan yang baru apabila permasalahan tersebut tidak selesai dengan pembersihan.
Bunyi Tit 3x namun pendek dan cepat. Komputer hidup namun terdapat bunyi seperti itu, maka kemungkinan VGA card Anda mengalami kerusakan atau kendor serta mati. Solusinya bisa engan melepasnya, membersihkan, kemudian memasangnya kembali.
Komputer yang berbunyi Tit… secara terus menerus serta terjadi dengan konsisten sebelum kita mematikan. Maka Anda bisa melakukan cara yang sama dengan konsep nomor dua. Bisa juga dengan cara langsung mengganti mainboard Anda karena kemungkinan mengalami kerusakan.
Komputer mengeluarkan tulisan disk boot failure, insert system disk, and press enter. Maka kemungkinan ini adalah kerusakan yang terjadi pada harddisk Anda. Bisa juga, sistem yang ada di harddisk Anda ada yang hilang. Masalah tersebut bisa diselesaikan dengan cara menepuk harddisk secara perlahan karena mungkin harddisk Anda motornya macet sehingga tidak mampu bergerak lagi. Setelah harddisk menyala kembali, maka backup data Anda.
Tidak bisa membaca flashdisk. Masalah ini mungkin dikarenakan akibat power supply Anda yang sudah lemah sehingga flashdisk tidak mampu terbaca. Solusinya bisa dengan mengganti power supply Anda atau mencoba USB yang ada di bagian belakang karena bisa jadi energy yang dihasilkan lebih bagus karena menempel langsung dengan mainboard.
CD atau DVD room yang sulit untuk terbuka. Ini masalah yang biasa terjadi karena CD room Anda jarang digunakan atau bisa jadi CD Room Anda sudah tua sehingga karet penggeraknya mengendur. Caranya bisa dengan membiasakan CD room untuk sering digunakan atau praktisnnya adalah dengan mengambil sebuah paper clip, kemudian tusuk lubang kecil yang ada di CD room serta dorong hingga berhasil terbuka.

Sekian dari saya semoga bermamfaat, mohon kunjungan baliknya.

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com