Monday, December 1, 2014

Cara Menemukan Virus Pada Komputer Dengan Menggunakan Command Prompt

Musuh terbesar komputer atau PC adalah adanya serangan virus, hampir setiap komputer pribadi beresiko terserang virus. Dampak dari serangan virus ini tentunya akan merugikan pada komputer personal seperti halnya penggandaan data, hilangnya data hingga resiko paling besar yakni rusaknya jaringan lunak pada komputer. Untuk itu, software antivirus amat diperlukan untuk menahan atau mencegah serangan virus pada komputer. Itulah mengapa, tak heran kini semakin banyak software aplikasi pendeteksi virus dan pembersih virus.
Namun, hal ini akan jadi masalah jika anda belum memiliki software tersebut. Sebenarnya software pendeteksi dan penghilang virus ini bisa dengan mudah anda dapatkan dengan mengunduhnya di internet. Namun terkadang, software tak berbayar yang anda dapatkan kurang membantu anda dalam meghadang serangan virus pada komputer, terkadang virus yang bandel sulit untuk dihilangkan. Alhasil, komputer anda tetap beresiko diserang virus.
Namun tahukah anda, ternyata virus yang menyerang komputer anda sebenarnya bisa juga dideteksi oleh command prompt. Dengan begitu, setelah anda mengetahui sumber virus darimana, maka dengan segera anda bisa menghentikan program yang menjadi sumber virus tersebut. Dengan begitu, serangan virus bisa dihentikan. Ingin tahu seperti apa cara menggunakannya? Berikut kami bisikan cara menemukan virus pada komputer dengan menggunakan command prompt.
1.    Buka terlebih dahulu program command prompt, dengan cara klik menu strat kemudian pada kolom search bar ketikan “CMD” dan tunggu hingga jendela command prompt terbuka.
2.    Selanjutnya, ketikan kode berikut ini pada command prompt.
  • Netstat<spasi> -ano
  • Kemudian tekan tombol enter
3.    Setelah tombol enter ditekan, maka anda akan melihat daftar beberapa program yang sedang anda jalankan dengan simbol kode-kode.
4.    Disini, lihatlah pada kolom State, apabila keterangan pada State menunjukan “Listening” itu artinya program tersebut tidak bermasalah yang bisa mengundang virus pada komputer. Namun apabila keterangan pada State mengatakan “Estabilished” itu artinya program tersebut beresiko mengundang virus pada komputer anda. Dengan demikian anda harus segera menghentikannya. Hentikan program dengan memeriksa Task Manager.
5.    Buka Task Manager pada komputer dengan cara tekan Ctrl+ALT+Del yakni shortcut untuk membuka task manager pada komputer.
6.    Kemudian menuju Tab Service pada Task Manager.
7.    Kembali ke Command prompt dan lihat kode PID untuk program yang bermasalah.
8.    Selanjutnya cocokan kode PID tersebut dengan PID pada Task Manager, kemudian hapus/hentikan program tersebut. Karena beresiko membawa virus untuk komputer anda.

0 comments:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com